CONTOH PARAGRAF ARGUMENTASI DAN PENALARAN

 

PARAGRAF ARGUMENTASI

ARGUMENTASI adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan untuk meyakinkan atau membujuk pembaca. Dalam penulisan argumentasi isi dapat berupa penjelasan, pembuktian, alasan, maupun ulasan obyektif dimana disertakan contoh, analogi, dan sebab akibat.

JAKARTA – Pasar domestik harus dilindungi dari serbuan produk-produk impor setelah adanya perjanjian perdagangan bebas (free trade agreement/ FTA) dengan negaranegara lain.

  1. Paragraf argumentasi
    Perlindungan dilakukan dengan meningkatkan daya saing produk-produk dalam negeri. ”Pasar domestik harus kita jaga supaya barang-barang bisa kompetitif,selain di dalam negeri, juga untuk ekspor.Problemnya kan tidak kompetitif dengan China. Itu harus disikapi,” ujar Menteri Perindustrian MS Hidayat di Jakarta kemarin. Dari sisi regulasi,menurutnya, instrumen seperti safeguarddan antidumping bisa digunakan untuk melindungi pasar domestik.
  2. Paragraf argumentasi
    Adapun dari sisi konsumen, masyarakat harus bisa menerima dan memakai produk buatan lokal terlebih dulu sebelum mengenal produk impor. Sebelumnya, Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengusulkan agar berbagai perjanjian perdagangan bebas yang dilakukan Indonesia dievaluasi lantaran melemahkan posisi dan kinerja perdagangan. Surplus neraca perdagangan yang semakin tergerus membuktikan Indonesia belum maksimal memanfaatkan FTA.
  3. Paragraf argumentasi
    Sebaliknya, kerja sama perdagangan bebas cenderung menjadikan pasar Indonesia sangat besar dibanjiri produkproduk negara lain. MS Hidayat menambahkan, industri nasional harus bisa memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) sehingga berdaya saing tinggi. Upaya ini harus ditopang ketersediaan infrastruktur yang memadai dan suplai gas. ”Kita bicara dengan BP Migas dan ESDM agar suplai gas diberikan.
  4. Paragraf argumentasi
    Lalu harga gas juga harus cocok. Masalah infrastruktur seperti pipa gas juga harus diperbaiki,”tandasnya. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa berpandangan, penurunan surplus neraca perdagangan tidak serta-merta berkorelasi dengan berbagai perjanjian perdagangan bebas antara Indonesia dan negaranegara lain.Kendati demikian, menurutnya,pemerintah terus mengevaluasi berbagai perjanjian perdagangan bebas yang diikuti Indonesia.
  5. Paragraf argumentasi
    Dia mengatakan,dari aspek perdagangan internasional, harus ada upaya pembenahan budaya impor. Dia sependapat dengan Menteri Keuangan Agus Martowardojo yang meminta dunia usaha untuk tidak melakukan impor barang-barang yang tidak perlu.”Penting mengurangi ketergantungan impor,”tandasnya. Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Erwin Aksa menilai menurunnya surplus neraca perdagangan lantaran kondisi perekonomian dunia yang belum stabil.
  6. Paragraf argumentasi
    Mitra dagang Indonesia yang merupakan negara maju masih terbelit persoalan krisis keuangan di negara masingmasing. Namun, pada dasarnya hal itu tidak serta-merta bisa dijadikan pembenaran.Alasannya, komoditas utama Indonesia yang saat ini didominasi sumber daya alam (SDA) masih dibutuhkan banyak negara sehingga mudah mencari alternatif pasar ekspor.

 

PARAGRAF PENALARAN

PENALARAN adalah proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera (observasi empirik) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Berdasarkan pengamatan yang sejenis juga akan terbentuk proposisi – proposisi yang sejenis, berdasarkan sejumlah proposisi yang diketahui atau dianggap benar, orang menyimpulkan sebuah proposisi baru yang sebelumnya tidak diketahui. Proses inilah yang disebut menalar.

Penalaran adalah proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera (observasi empirik) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Berdasarkan pengamatan yang sejenis juga akan terbentuk proposisi – proposisi yang sejenis, berdasarkan sejumlah proposisi yang diketahui atau dianggap benar, orang menyimpulkan sebuah proposisi baru yang sebelumnya tidak diketahui. Proses inilah yang disebut menalar.

  1. Paragraf Penalaran

MINUMAN BERAKOHOL MENURUNKAN VOLUME OTAK

Orang yang belum pernah meminum alkohol memiliki volume otak sebesar 78,6% terhadap volume tengkorak. Sedangkan orang yang pernah meminum alkohol namun sudah berhenti dari kebiasaannya memiliki volume otak yang lebih kecil, yaitu 78,2%. Volume otak ini menurun lagi untuk orang yang tidak terlalu sering minum alkohol (moderate drinkers), yaitu sebesar 77,8%. Volume otak yang terkecil dimiliki oleh para pemabuk berat (heavy drinkers), yaitu hanya 77,2%. * Pada paragraph diatas mengandung kalimat penalaran karena berisi fakta – fakta.

  1. Paragraf Penalaran

BANJIR GENANGI RIBUAN RUMAH

Banjir Genangi Ribuan Rumah Arfan Yap Bano Liputan6.com Ribuan rumah di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu malam terendam banjir akibat meluapnya Sungai Cikeruh, Citarik, Sungai Citarum serta sejumlah anak sungai. Wartawan ANTARA dari lokasi melaporkan, banjir dengan kedalaman antara 2,5 sampai 3 meter itu terjadi setelah hujan deras sejak pukul 14.00 WIB hingga senja hari. * Paragraf Diatas mengandung kalimat penalaran karena memuat fakta – fakta.

  1. Paragraf Penalaran

Para peneliti tersebut meneliti sekitar 1,2 juta wanita paruh baya di Inggris selama 7 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa minuman beralkohol menyumbang 13% peluang terserang kanker pada wanita-wanita ini. * Paragraf Diatas mengandung kalimat penalaran karena memuat fakta – fakta.

  1. Paragraf Penalaran

Kebanjiran, SMA 8 Jakarta Bakal Direlokasi JAKARTA, KOMPAS.com – SMA Negeri 8 yang berlokasi di Bukitduri, Jakarta Selatan, akan direlokasi karena beberapa kali dilanda banjir. Dalam tiga tahun terakhir SMA unggulan itu beberapa kali didera luapan Sungai Ciliwung. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi mengatakan, lokasi baru SMA 8 berada di kompleks superblok Rasuna Epicentrum. Pihaknya sudah membicarakan rencana pemindahan sekolah itu dengan PT Bakrie Land Development, pengembang Rasuna Epicentrum. “Tinggal menunggu persetujuan gubernur untuk pemindahan SMA 8. Kami berharap tahun depan pemindahan dapat dilakukan,” kata Taufik. Pembangunan gedung SMA 8 yang baru, kata Taufik, akan dibayar oleh pengembang, seba gai bagian fasilitas sosial yang harus diserahkan ke pemerintah. Karena tidak ada penggunaan dana APBD, pembangunan sekolah itu dapat berlangsung kapanpun, sesuai target Dinas Pendidikan. Direktur PT Bakrie Land Development Wawan Dwi Guratno membenarkan ada rencana pemindahan SMA 8 ke kawasannya. Pihaknya juga sedang menunggu persetujuan gubernur agar dapat segera membangun gedung sekolah yang baru. “Kami mengalokasikan lahan seluas 7.000 meter persegi untuk kompleks pendidikan, dari TK sampai SMA, termasuk SMA 8. Semua gedung sekolah itu akan kami bangun dan akan diserahkan ke Pemprov DKI sebagai kewajiban penyerahan fasilitas sosial dan fasilitas umum,” kata Wawan.

  1. Paragraf Penalaran

RSUD dr.Soetomo Belajar Cangkok Hati ke Tiongkok SURABAYA, KOMPAS.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya mengirimkan sembilan dokter dan dua perawat ke China untuk belajar metode pencangkokan hati di Rumah Sakit Tianjin, Tiongkok. “Metode pencangkokan hati ini membutuhkan teknologi tinggi sebagai salah satu upaya penanganan kanker hati yang saat ini sangat dibutuhkan,” ujar Direktur Utama RSUD dr Soetomo, Slamet Yuwono Riyadi saat di konfirmasi di Surabaya, Minggu (21/2/2010). Menurut Slamet, dengan permasalahan pasien kanker hati seringkali mendapatkan stigma vonis mati karena sulitnya penanganan pada penyakit ini. Dengan pelatihan pencangkokan hati ini, kata Slamet, diharapkan harapan hidup para pasien kanker hati semakin tinggi. Perlu diketahui, di Jatim telah terdata sekitar 800 anak-anak penderita kanker hati. Sedangkan, meski belum terdata, untuk penderita dewasa diperkirakan lebih tinggi jumlahnya karena faktor penyebabnya lebih banyak, seperti merokok, minum alkohol, dan minum kopi secara berlebihan. Karena itu, lanjuta dia, untuk mengatasi permasalahan ini, sembilan dokter dan dua perawat akan dikirimkan ke Rumah Sakit Tianjin, Cina untuk belajar tentang pencangkokan hati. “Mereka akan dipandu salah satu ahli pencangkokan hati, yaitu Prof Shen Zhongyang,” katanya. Selanjutnya, setibanya kembali di Indonesia mereka langsung mempraktikkan metode tersebut dalam operasi pencangkokan hati di RSUD dr Soetomo pada pasien kanker hati asal Trenggalek, Jawa Timur Ramdhan Aldil Saputra (3). Rencananya, operasi akan dipimpin langsung Prof Shen Zhongyang. “Kalau bisa, kami upayakan operasi tak hanya untuk satu pasien saja, karena kedatangan ahli pencangkokan hati asal Tiongkok ini tak setiap waktu,” pungkasnya.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s